5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik

5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik

5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik - Linux adalah salah satu sistem operasi bebas dan sumber terbuka (open source) yang dibangun di atas kernel Linux

Dengan lisensi bebas dan sumber terbukanya, Lisensi Publik Umum GNU, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja

Linux Digunakan Untuk Apa...?

Linux sendiri digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras komputer seperti Desktop, Super computer, Server.

Juga Embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox), telepon genggam dan router. 

Akan tetapi seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi Linux sendiri sudah mulai menjadi pilihan untuk daily use atau office worker.

Orang awam non IT pun sudah mulai belajar dan terbiasa menggunakan Linux.

Kelebihan Utama Linux Dibandingkan Dengan Sistem Operasi Lainnya

1. Open Source 

Open Source atau bisa dikatakan Gratis tentunya Halal gak perlu di crack atau di bajak ye kan haha.

Kelebihan ini jelas sangat mantap bagi kita seorang muslim yang kadang ragu dan bimbang atas pendapatan dari hasil menggunakan software bajakan.

Dan Tentu Linux salah satu solusi TERBAIK jika tidak ingin membeli lisensi atau legal software.

2. Keamanan Lebih Baik 

Berbeda dengan windows, kelebihan selanjutnya linux ada pada keamanannya. 

Linux membutuhkan authorization atau perizinan setiap kali pengguna ingin menjalankan program, sehingga virus akan kesulitan berjalan di perangkat lunak. 

Akan tetapi, bukan karena kesulitan tersebut Linux tidak ada virusnya. Sama seperti Windows, Linux juga berpotensi terjangkit virus, Hanya saja tidak separah dan serentan seperti Windows.

3. Lebih Ringan dan Cepat

Pada saat proses instalasi linux saja lebih cepat dan lebih mudah, Dengan keringanan nya Linux dapat berjalan di perangkat yang jadul atau lawas.

Linux tidak banyak memakan memori dan juga lebih handal saat menjalankan Command Line tidak seperti Sistem operasi lain yang cenderung ke grafis atau GUI.

Meskipun begitu, saat ini Linux juga menerapkan GUI dan masih menggunakan command line yang sama. 

Dan, tetap saja Linux lebih ringan. Keringanan inilah yang membuat Linux bisa beroperasi di komputer atau hardware yang sudah ketinggalan zaman dan spesifikasi yang rendah.

Itu dia 3 Kelebihan Utama Linux daripada Sistem Operasi Lainnya, Next 5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik yang cocok untuk semua kalangan bukan hanya Programmer atau Orang IT saja Non IT pun bisa menggunakan Linux.

5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik

1. Linux Ubuntu

distro linux ubuntu

Linux Ubuntu Selalu menjadi primadona pertama bagi yang baru hijrah dari Windows haha, Desain nya yang elegan, stabil dan powerfull memang bisa di andalkan untuk kamu yang beru belajar Linux Komunitas nya juga besar.

Ubuntu adalah salah satu turunan Linux Debian. Varian lain dari Linux juga banyak Seperti Linux Lubuntu, Xubuntu, Mate dan lain-lain.

2. Linux Debian

linux debian untuk programmer

Linux Debian terkenal dengan julukan bapaknya distro Linux kenapa..?, Kebanyakan distro Linux lain adalah turunan dari Debian.

Paketnya yang cukup lengkap dan stabil memang sangat cocok bagi yang santai dan tidak ingin terlalu sering update sistem.

3. Linux Fedora

distro linux pemula terbaik

Linux Fedora merupakan salah satu distro linux dimana distro ini tersusun dari paket aplikasi office, multimedia, game, internet, grafis, server dan masih banyak lagi. 

Hal tersebut menjadikan Fedora sangat cocok digunakan untuk keperluan desktop, laptop, atau pun server. Gimana..? cukup menggoda bukan untuk beralih dari jendela hehe canda

4. Linux Arch 

 
rekomendasi distro linux arch

Linux Arch adalah sebuah distribusi Linux untuk komputer x86_64 yang didesain untuk menjadi ringan dan sederhana.  

Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada kesederhanaan, kebenaran program dan minimalisme. 

Disarankan untuk mencoba Distro Linux lain sebelum mencicipi Arch karena Linux Arch anda harus sedikit banyak mengkustomisasi desktop anda sehingga kurang friendly for newbie.

5. Linux Mint

distro linux mint untuk pemula

Linux Mint Tujuan dari Linux Mint adalah untuk menyediakan sebuah sistem operasi desktop yang dapat digunakan pengguna rumahan dan atau perusahaan secara cuma-cuma dengan se-efisien, se-mudah, dan se-elegan mungkin. 

Menurut mimin ini yang terbaik deh untuk office worker atau pekerja kantoran, Desain dan Layout yang mirip dengan Windows membuat kamu lebih cepat beradaptasi.

Yup itulah 5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik yang dapat kamu coba.

Mimin juga pakai linux sejak akhir perkuliahan sampai dengan sekarang untuk pengguna sehari-hari seperti membuat surat, remote server, ngoding dan desain yang ringan-ringan hehe. 

Ayo biasakanlah diri memakai Software yang Legal bisa menggunakan software berlisensi gratis atau Membeli lisensi dari official software terkait.

"5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Pemula Terbaik"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url