Pengenalan CodeIgniter 4 Web Framework

Pengenalan CodeIgniter 4 Web Framework

Pengenalan CodeIgniter 4 PHP Framework -  Merupakan Framework PHP untuk membangun aplikasi berbasis web.

Codegniter salah satu Framework dari bahasa pemrograman PHP untuk membangun aplikasi berbasis web, yang bersifat open source dengan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller).

Baca juga : Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP

Dibanding dengan pendahulunya yaitu CodeIgniter 4, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 8. 

CodeIgniter 4 juga memiliki struktur kode yang lebih terstruktur dan core framework yang lebih modern sehingga membuat proses pengembangan aplikasi berbasis web menjadi lebih cepat dan efektif. 

Konsep MVC Framework

MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi 3 bagian :

1. Model 

Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan atau manipulasi data dengan database.

Misal mengambil data dari database, dan proses crud atau intruksi yang berhubungan dengan database diletakan di dalam model.

2. View 

View merupakan bagian penanganan interface atau antarmuka web, yang muncul kepada user. 

Dengan memisahkan controller dengan model dapat memudahkan programmer untuk melakukan suatu pengembangan web pada tampilan halaman suatu website.

3. Controller 

Controller merupakan bagian instruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi controller ini kumpulan instruksi aksi yang berfungsi sebagai jembatan dari model dan view.

Framework Codeigniter dibuat dengan tujuan yang sama dengan framework lain yaitu membantu mempermudah Developer atau Programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web, tanpa harus build-in project dan coding dari awal.

Codeigniter sudah mencapai versi terbaru yaitu Codeigniter 4.3.6 (sekarang) 

Untuk menjalankan atau bekerja dengan CodeIgniter 4 minimal requirement server kamu harus di install/aktifkan intl extension, php-json, php-mbstring, php-mysqlnd, php-xml dan PHP >= 8.0 , bila anda masih menggunakan PHP < 7.2 disarankan untuk melakukan Update.

Perbedaan CodeIgniter 3 dan CodeIgniter 4

Banyak perbedaan yang utama antara Codeigniter 3 dan Codeigniter 4. Ulasan fitur baru Codeigniter 4 (CI4) di antaranya :

  • Struktur Folder & File
  • RestFull API
  • Migration dan Seed
  • Route
  • Namespace
  • Command Line Interface (CLI)
  • Local Development Server
  • Dan masih banyak lagi...

Kenapa Memilih CodeIgniter Framework Dibandingkan PHP Framework Lainnya. 

Poin utama dan paling krusial yang membuat CodeIgniter Framework menjadi salah satu PHP framework terbaik adalah footprint yang kecil sehingga waktu eksekusi menjadi sangat cepat.

Dan juga size yang sangat kecil (hanya beberapa MB) saja dan Konfigurasi simple sehingga mudah digunakan apalagi untuk pemula. 

Hal ini yang menjadikan alasan utama Developer dan Programmer memilih framework ini. Terlebih lagi dengan di release nya CodeIgniter 4 dengan fitur yang lebih lengkap akan tetapi masih cepat dan size yang ringan.

Yups itulah tadi beberapa informasi atau pengenalan mengenai Pengenalan CodeIgniter 4 Web Framework.

Untuk kamu yang ingin membuat aplikasi dengan CodeIgniter 4 kamu bisa mengunjungi channel youtube Muba Teknologi yang berisi tutorial codeigniter 4 termasuk Cara Membuat REST API CodeIgniter 4.

 "Pengenalan CodeIgniter 4 Web Framework"

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url